Apakah Ada Hubungan Tentang Kesenian Paraga dengan Kata A'ra'ga'...? baca selengkapnya...

Oleh : Dita Pahebong
Allei ra’ga’ nak iyami antu sIke’de ka nama la'bang
A'bo'dong na sulapa ilalangnganna
allei ra’ga’ punna takkullea nu sempa singkulu’ mami rilimannu
 assala tena na, mattung ributta
tarai ri lipa’nu na punna nu gappa assusungko naik nanu padongko ripatonro’nu
patingra’ri kontu tojeng na saba’ kalabirang antu ilalangnganna.
dengan mendengar kalimat di atas fikiran saya langsung tertuju pada salah satu kesenian sulawesi selatan yaitu “PARAGA” selain dari nama kesenian yang mirip dengan kata awal di atas yaitu A,raga’  kesenian tersebut juga menggunakan bola yang terbuat dari ayaman rotan yang terdiri dari 3 lapis hingga terbentuk ruas yang menyerupai segi empat seperti dalam kalimat di atas A,bo'dong na sulapa ilalanganna iyami antu sike,dekana nama la,bang”  
Gambar : google

kesenian tersebut juga identik dengan atraksi yang menggunakan kaki, tangan, hingga membentuk menara sambil memainkan bola sampai hinggap dikepala pemainnya. seperti dalam kalimat yang mengatakan  allei ra’ga’ punna takkullea nu sempa singkulu’ mami rilimannu
 assala tena na, mattung ributta
tarai ri lipa’nu na punna nu gappa assusungko naik nanu padongko ripatonro’nu
jika kalimat di atas memang mempunyai hubungan dengan kesenian “Paraga” maka kesenian tersebut bukan hanya sebatas olahraga yang dijadikan sebagai kesenian juga bukan hanya atraksi dan unjuk kebolehan semata yang menjadi keunikan melainkan mempunyai makna filosofis yang erat kaitannya dengan kehidupan sosial.
berikutnya apakah ada hubungan antara Paraga dengan kata A,raga’..?  hal ini tentunya perlu analisis yang tajam dengan referensi yang valid serta melibatkan tokoh-tokoh yang tentunya punya pemahaman lebih mengenai kesenian Paraga. jika kedua kata yaitu (Paraga denga A,ra’ga’) ini punya hubungan tentunya kesenian paraga mempunyai makna filosofis yang perlu diketahui seperti yang dimaksud dalam akhir kalimat di atas “patingra’ri kontu tojeng na saba’ kalabirang antu ilang-langnganna”
Gambar : Google

silahkan berdiskusi karena pesan Tau Toa (Orang Tua) mengatakan.
teako sala reppe gassing ka puntianak ji ammalo nanu kana tu manurung
dandara ji gesara na tai tedong ja nuruppai
butoa nu to,roang nanupare ja pangngakkali
pammatei mi antu nikana ritau tanggasenga ri kontu tojeng.



Komentar

Postingan Populer