Dua pesta di Desa Barana yang menarik untuk dikembangkan... baca selengkapnya...

Ada dua pesta di desa barana yang menarik untuk dikembangkan. pertama yaitu pesta rakyat dan yang kedua adalah pesta panen. kedua pesta ini merupakan pesta yang dilaksanakan setiap tahunnya dan masing-masing mempunyai asas manfaat positif pada masyarakat.
pesta panen merupakan pesta yang mengadung nilai budaya seperti upacara ritual, penyajian tari klasik, pa,batte jangang,  pa,lumba jarang, Ase Lolo, dan Pa’dekko, beberapa item acara tersebut sudah menjadi ikon dalam pesta panen tersebut, selain dari pelestarian seni budaya lokal juga menjadi suatu proses ritual sebagai ucapan rasa sukur terhadap hasil panen yang didapatkan setiap tahunnya.
sedangkan pesta rakyat lebih terfokus pada wilayah kreatifitas baik itu di bidang seni maupun di bidang olahraga. secara pelaksanaan di tahun ini (2017), pesta rakyat dianggap lebih mampu menarik perhatian masyarakat desa barana karena memang konsep dasar yang digunakan yaitu melibatkan seluruh element masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, dan aparat desa. konsep-konsep berikut lahir dari pemikir-pemikir kreatif yaitu pemuda-pemudi desa barana. selain dari itu, pesta rakyat juga menjalin kerja sama antar komunitas serta organisai-organisasi yang ada di desa barana, seperti HIBMABA, SANGGAR SENI BARANA, EJSALON, KARANG TARUNA baik desa maupun kecamatan. dengan keterlibatan beberapa lembaga tersebut sehingga pelaksanaan pesta rakyat menjadi lebih ringan.
selain dari itu, pesta rakyat juga melibatkan media tribut timur makassar baik itu online maupun cetak sehingga publikasi dapat tersebar secara lebih luas.
berbeda dengan pesta panen yang hanya dikelolah oleh beberapa tokoh masyarakat yang tergabung pada struktur panitia pemangku adat desa barana tanpa ada ikatan kerjasama antar organisasi-organisasi yang ada di desa barana.
pada tahun ini (2017) pesta panen dan pesta rakyat medapatkan anggaran dari desa masing-masing sebanyak 10 juta potong pajak. namun secara pelaksanaan pesta panen masih membutuhkan masukan-masukan serta ide-ide kreatif sehingga ada peningkatan yang terlihat setiap tahunnya. mungkin ini menjadi tugas selanjutnya bagi para pemikir-pemikir kreatif untuk menjadikan pesta panen ini sebagai pesta panen dengan kemasan yang lebih menarik lagi.
yang paling utama adalah bagaimana upaya para pemerintah setempat untuk dapat memberikan ruang khusus bagi orang-orang tertentu yang memang mempunyai kemapuan dalam pelaksanaan event kebudayaan. karena pada dasarnya pesta yang berhasil ketika ramai dan mampu menghibur. sedangkan pesyaratan utama untuk bisa menjadi ramai sebuah event tentunya harus membangun daya tarik dan melibatkan seluruh element masyarakat.
Pada sambutan ketua karang tarun desa barana (Syafril Suheli) dan ketua karang taruna kecamatan bangkala barat (Normaeda) di pesta rakyat #2 (5 agustus 2017). keduanya akan berusaha untuk pelaksanaan pesta rakyat selanjutnya akan lebih memuaskan dibandingkan pelaksanaan tahun ini. semoga pelaksanaan selanjutnya akan lebih meriah lagi dan mampu mengharumkan nama desa serta mampu menarik perhatian baik masyarakat desa barana maupun diluar desa barana. ujarnya
begitu juga dengan pesta panen desa barana, diharapkan mampu menjadi event kebudayaan yang mampu mengharumkan nama desa serta memberikan manfaat positif
terkhusus pada pelestarian budaya lokal desa barana.
jika kedua pesta tersebut dapat berkembang dan terlaksana dengan baik maka tentunya akan mengahrumkan nama desa barana di sisi lain juga mampu menjadi ruang pelestarian budaya dan juga sebagai ruang untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat desa barana. semoga ditahun yang akan datang kedua pesta ini mampu menjadi tiang yang kokoh dalam menjunjung tinggi nama baik Desa Barana.

PENULIS : Dita Pahebong

Komentar

Postingan Populer