KELONG-KELONG PALUSERANG NA TU BARANAKA

Oleh: Dita Pahebong
kelong-kelong Paluserang sangat sering ditemukan di berbagai daerah namun penamaan, bahasa, lirik berbeda-beda sesuai dengan dialek yang dimiliki oleh daerah tersebut. kelong-kelong artinya lagu-lagu, paluserang artinya menidurkan jika diartikan secara keseluruhan kelong-kelong paluserang adalah lagu-lagu menidurkan khusunya pada anak-anak. Kelong-kelong tersebut dinyanyikan ketika menidurkan anak-anak dengan tujuan suapaya anak-anak cepat tertidur. kelong-kelong paluserang tersebut sampai saat ini masih sering ditemukan di berbagai daerah khusunya didaerah-daerah terpencil. Menurut Bacce Dg. Te'ne warga di salah satu daerah dikabupaten jeneponto desa barana. kelong-kelong tersebut di katehui sejak kecil karena sering mendengarkan ketika dia ditidurkan oleh orang tuanya, setiap beliau ditidurkan selalu dinyanyikan begitupun ke adik-adiknya (adik sepupu), Ahkirnya beliau keseringan mendengar dan sampai saat ini beliau masih melakukan kebiasaan-kebiasan tersebut dengal hal yang sama yang dilakukan oleh orang tuanya.
Sampai saat ini belum ada data yang pasti bahkan penulis sama sekali tidak pernah menemukan tulisan serta pembahasan mengenai kelong-kelong tersebut. Penulis tertarik saat mendengarkan kelong-kelong dinyanyikan. selain dari syair yang khas juga dianggap sangat filosofis dan mempunyai makna tersendiri. Sebelumnya penulis pernah menjadikan sebuah konsep karya musik untuk ujian akhir SMKN1 Somba Opu. Penulis pernah melakukan wawancara dari beberapa warga yang terdapat di desa barana. memang sulit untuk sama pendapatnya disetiap orang karena ini bukan merupakan karya seni yang mutlak, hal tersebut hanyalah nyanyian yang belum dikonsep serta belum ada pembakuan baik segi lirik maupun segi syairnya.
Maka tidak heran jika setiap orang yang berpendapat tentang kelong-kelong terdapat perbedaan.
Pelaksaan kelong-kelong paluserang seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kelong-kelong paluserang adalah nyayian atau lagu-lagu untuk menidurkan anak. Lagu-lagu tersebut dinyanyikan di saat-saat menidurkan anak-anak syair lagu tersebut tidak terbatas bahkan sampai berjam-jam tidak akan ada habisnya. Lagu-lagu dinyanyikan terus-menerus sampai anak-anak tetidur, sembari melambaikan ayunan si anak lagu-lagupun tetap dinyanyikan. Ada kalanya ketika anak-anak ditidurkan tanpa ayunan namun ditidurkan di kasur.
Pelaksanaan hampir sama yaitu menyanyikan, namun bedanya ketika ditidurkan di atas kasur seorang ibu ikut berbaring sambil memeluk dan menyanyikan lagu-lagu tersebut biasanya sambil menghelus-helus bagian badan.
Namun uniknya lagu tersebut karena begitu panjang dan mungkin saja tidak akan ada habisnya. Ada beberapa lagu-lagu yang terdapat di beberapa daerah di makassar seperti royong, kelong masagalaya, serta lagu pakacaping. Semua lagu mempunyai syair yang khas dari segi bahasanya namun penulis lebih merasakan bahwa didalam kelon-kelong paluserang tersebut mempunyai karakter tersendiri dari segi syair meskipun nada-nada yang sangat terbatas.
Syair Dalam Kelong-Kelong Paluserang Versi Bacce te'ne
EYA EYA LE....
TINGROMI NAUNG I DEA RI KONG SILUSERANG SUMANGANU ANAK
EYA EYA LE NU PADA LOMPO NU PADA CINI TE'NE RI KONG.
EYA EYA LE SUMANGA'NU MABELAYYA BATTUANGASENG MAKI MAE RI KONG.
EYA EYA LE ERANG GASSINNU ANAK PAKALEUPU TALLASNU RI KONG EYA EYA LE MANNA MAJAIKI MA'RURUNG RI KONG KA  TENAKO KUCINI.
EYA EYA LE BONGONGJA NAIK ANNA MANNA TA BAMBANG ALLOA EYA EYA LE MANNA TINGGI KALUKUA MANNA KAMMA LAYANG-LAYANG. EYA EYA LE KU AMBI'JIA PUNNA SIRIK LA TAPPELA RIKONG.
EYA EYA LE MANN BELLA BORI'NU KA BORI'NU JI MABELLA EYA EYA LE PANGRANNUANU RI KOG KA RINAKE NGASENG TONJI
EYA EYA LE BOYAI RI KALUKUA RI KONG RI KALONGKONG A'GENOA EYA EYA LE ILALANG MINTU ANAK PA'MAI' TAMMINGRAYYA RI KONG EYA EYA LE TE'NE TONGLLALOJA  ANNE RI KONG NANAKANA TU SUNGGUA
EYA EYA LE MA TE'NE TONJI KODONG ANAKNA TAU KAMASEA
EYA EYA LE TUSUNGGUA MANNA MANYU RI KONG NIA  NA TARAMPEI EYA EYA LE TUKAMSEA AMMANYUNA TULUSU'NA RI KONG EYA EYA LE LAKU GARISIMI SIRIKKU LAKU LAWA MI KIDONGKU.
EYA EYA LE NA TENA NIA NALE'LERI KAMASEKU
EYA EYA LE BOSIA MANNA MABELLA  RI KONG NIA INJA TAYANGANNA EYA EYA LE TAU MATEA RI KONG IKATTE MAMI NATAYANG
EYA EYA LE TINGRO MAKO NAUNG ANA KA MATINGGIAMi ALLOA MATA TA'DO'DO PA'LUNGAN MANAKU TONG RI KONG
EYA EYA LE IKAU TOMPA ANTU LOMPO ANAK NANU PAKA TE'NE TONGA RI KONG
EYA EYA LE MANNA TAGOLLA ANAK PUNNA JE'NE BAMBANG MAMO EYA EYA LE PUNNA KU SI'RA KU ITUNG ANAK KURUNTUK KUNAWA-NAWA EYA EYA LE MANNA NGANGREA KODONG NAPAKAINGAPA AMMAKU
EYA EYA LE TOPE SANNANG MAKI NAUNG ANAK NI PALAPPA MI KALENTA
EYA EYA LE NAMPAKI LENGU ANAK NA BO NA PAMMANGI NGANNA RI KONG
EYA EYA LE LAMAPPASANG JA RI ANGING NA MAJAI LEKO' KAYU EYA EYA LE NA TA'RAMPEI NA TALINTA BATTU MANGE
EYA EYA LE PUNNA NIA ANTU MANGE KODONG ANGING MANNIMBA TONTONGANG
EYA EYA LE PASANGKUMINTU ANAK NU TEA TAKKALUPPAI
EYA EYA LE TINGRO LALO MAKO NAUNG ANAK SI LUSERANG SUMANGA'NU ANAK
EYA EYA LE NU PADA LOMPO ANAK NU PADA CINI TE'NE
EYA EYA LE SUMANGA'NU MABELLAYA BATTUANGASENG MAKI ANAK PAKA LEPU TALLASAKNU ANAK . 

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/dita_pahebong/kelong-kelong-palloserang-sebagai-pedadogi-di-desa-barana-kabupaten-jeneponto_54f34351745513992b6c6e07

Komentar

Postingan Populer